Wisata Raja Ampat yang Mempunyai Daya Tarik Tersendri

Wisata —Senin, 8 Nov 2021 20:43
    Bagikan  
Wisata Raja Ampat yang Mempunyai Daya Tarik Tersendri
raja ampat./pinterest

DEPOS BATAM


Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan terletak di bagian barat Kepala Burung Pulau Papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.


Raja Ampat salah satu wisata bahari populer di Papua yang menawarkan pesona alam menakjubkan. Memiliki beberapa pulau dengan keindahan bawah laut dan pantai yang menjadi tujuan favorit pecinta snorkling dan diving.
Papua memang dikenal menjadi daerah dengan keunikan budaya dan pariwisatanya. Bagaimana tidak, Raja Ampat menjadi salah satu pulau yang sangat mirip dengan burung dan menjadi tempat wisata menarik. Nama dari Raja Ampat sendiri memiliki makna yaitu empat raja dengan keindahan yang sangat menakjubkan.


Bukan hanya itu saja, wisata bahari di Papua ini merupakan kawasan yang paling baik untuk digunakan menyelam. Untuk itulah Pulau ini setiap tahunnya akan dikunjungi oleh para wisatawan dari dalam negeri bahkan sampai mancanegara.


Alamat & Rute Menuju Lokasi Raja Ampat

Raja Ampat terletak di salah satu kabupaten yang masih masuk ke provinsi Papua barat. Untuk dapat menuju ke pulau tersebut, maka Anda harus datang ke Kota Sorong terlebih dahulu. Umumnya para wisatawan nanti akan memakai penerbangan untuk bisa ke kota tersebut.


Selanjutnya dari kota Sorong akan menggunakan kapal cepat agar bisa menuju Waisai yang merupakan ibukota dari kabupaten ini. Dari kota Sorong ke kota Waisai memerlukan waktu kurang lebih sekitar 2 jam sampai 3 jam.

Baca juga: 5 Fakta dan Mitos Tentang Kesehatan

Baca juga: Sinopsis Film Cruella

Meskipun akses untuk dapat menuju ke tempat ini memiliki keterbatasan. Akan tetapi, Raja Ampat sendiri selalu melakukan pembenahan diri agar bisa menyediakan berbagai macam fasilitas untuk semua kalangan.


Terdapat biota laut yang sangat beragam sehingga menjadikan Pulau Raja Ampat menjadi destinasi wisata yang terkenal. Pulau ini sendiri berada di antara samudra Hindia dan juga Pasifik sehingga suhu di pulau tersebut sangat cocok bagi para wisatawan untuk menyelam.


Tidak hanya kekayaan alam bawah lautnya, Raja Ampat juga memiliki banyak hal menarik di atas permukaan lautannya. Banyak sekali pantai-pantai yang indah tersebar di seluruh kepulauan Raja Ampat. Umumnya, pantai ini berpasir putih dan memiliki kehalusan mendekati tepung. Selain itu, pulau-pulau yang membentuk tebing tinggi pun banyak terdapat di Raja Ampat. Bahkan, beberapa tempat seperti Piaynemo, Teluk Kabui, dan Wayag telah terkenal ke seluruh dunia lebih dulu sebelum dikenal di dalam negeri. Hutan-hutan tropis pun tidak kalah menariknya, bahkan ada beberapa tempat seperti desa Sawinggrai atau desa Saporkrein yang menyuguhkan pengalaman tak terlupakan melihat burung Cenderawasih dari dekat.Seperti kita ketahui, burung Cenderawasih adalah burung langka dan cantik khas Papua yang sering disebut sebagai burung surga.



Belum selesai kekayaan alam saja, Raja Ampat juga memiliki berbagai kebudayaan dan kesenian yang sangat unik dan menarik. Beberapa desa di Raja Ampat memang sudah mengukuhkan keberadaan mereka sebagai desa wisata, salah satunya adalah Desa Arborek. Desa yang berada di satu pulau kecil ini memiliki banyak sekali seni, mulai dari tarian tradisional, makanan Sinole yang dibuat dari sagu, hingga kerajinan anyaman daun pandan khas Arborek yang sudah turun-turun antar generasi. Desa Arborek merupakan satu-satunya di antara desa-desa lain dengan keunikannya masing-masing.


Berbagai sejarah banyak terdapat di Kepulauan yang memiliki kesultanan Tidore, Maluku ini. Mulai dari sebagian penduduknya yang memiliki darah kerajaan Tidore Maluku, peninggalan-peninggalan perang dunia ke 2, sampai gua-gua dengan lukisan tangan khas manusia purba pun tersebar luas di Raja Ampat. keunikan Raja Ampat seolah tidak ada habisnya, inilah yang membuat kepulauan ini begitu berjaya hingga saat ini.


Betapa kayanya alam, sejarah dan budaya Kepulauan Raja Ampat, sehingga membuat dunia berdecak kagum. Kini Raja Ampat sudah menjadi salah satu tujuan wisata terkenal di dunia, hanya saja karena akses yang terbatas, untuk mencapainya diperlukan biaya yang tidak sedikit. Namun, tidak perlu khawatir, Raja Ampat semakin hari semakin berbenah diri dengan menyediakan berbagai fasilitas untuk semua kalangan.

Baca juga: Seram, Island of The Dolls Pulau di Meksiko dengan Ribuan Boneka

Baca juga: Menikmati Keindahan Alam Dari Pulau Samosir

Namun, sebelum merencanakan liburan ke Raja Ampat, sebaiknya kamu melakukan beberapa persiapan. Misalnya, memilih transportasi yang bisa digunakan, akomodasi selama berada di Raja Ampat, termasuk pilihan wisata dan lokasi yang akan dikunjungi.


Daya Tarik yang Dimiliki Raja Ampat Papua

Meskipun berada di kawasan yang cukup jauh, namun Raja Ampat Papua merupakan destinasi wisata populer sepanjang tahun.


1. Menjadi Surga Bawah Laut
Daya tarik yang paling dicari oleh para wisatawan adalah biota laut yang ada di Pulau Raja Ampat. Badan konservasi internasional telah melaporkan jika daerah ini memiliki sekitar 75% spesies laut yang ada di seluruh dunia. Dengan luas laut sekitar 4,6 juta hektar maka tempat inilah yang menjadi rumah bagi 540 jenis karang 1.511 spesies ikan dan biota laut lainnya.

Dengan keunggulan yang dimiliki oleh destinasi wisata. Tak heran jika kepulauan tersebut dinobatkan menjadi surga bawah laut paling cantik sedunia.


2. Memiliki Banyak Pantai yang Indah
Pulau Raja Ampat menjadi salah satu kawasan yang memiliki banyak pantai. Umumnya pantai memiliki pasir yang berwarna putih dan halus hampir seperti tepung. bukan hanya itu saja, banyak sekali pulau yang membentuk tebing tinggi.

Dan yang paling unik di pulau tersebut terdapat wisata Teluk Kabui, Piaynemo dan juga Wayag. Yang mana hal tersebut memang sudah sangat terkenal di nusantara.



3. Terdapat Hutan Tropis
Pulau ini memiliki banyak sekali hutan tropis yang menarik. Bahkan di dua desa yang bernama sawinggrai dan juga saporkrein menjadi tempat hidupnya beberapa burung langka dan juga cantik. Kedua desa tersebut menjaga serta merawat burung langka seperti cendrawasih. Yang mana burung cendrawasih tersebut merupakan ciri khas dari Papua.

Baca juga: Keindahan Pasir Putih, Pantai Elyora Batam

4. Memiliki Kebudayaan yang Unik
Kepulauan ini juga memiliki kebudayaan unik dan mampu menarik minat wisatawan. Salah satunya adalah desa wisata yang bernama Arobek. Meski menjadi desa yang terletak di pulau kecil, namun kesenian yang ada cukup beragam.

dimulai dari tarian tradisional, membuat kerajinan anyaman dari daun pandan, dan terdapat makanan sinole yang terbuat dari sagu. yang mana hal tersebut sudah diwarisi secara turun-temurun dari nenek moyang hingga saat ini.

Biaya Wisata ke Raja Ampat Papua

untuk melakukan trip ke Raja Ampat Papua akan jauh lebih murah ketika bersama dengan rombongan. Untuk 15 orang saja, per orangnya hanya akan dikenakan biaya Rp 500.000.

Namun, jika Anda ingin pergi bersama dengan pasangan tentu anggaran yang dipersiapkan harus banyak. Apalagi untuk biaya penginapan disana cukup lumayan dan menggunakan beberapa jasa, seperti penyewaan speed boat.

Editor: Amelia
    Bagikan  

Berita Terkait