Wisata Pulau Ranoh, Rekomendasi Wisata Batam

Wisata —Selasa, 5 Oct 2021 11:30
    Bagikan  
Wisata Pulau Ranoh, Rekomendasi Wisata Batam
Wisata Pulau Ranoh, Rekomendasi Wisata Batam - Pinterest

DEPOSTBATAM



Di ujung pulau Batam, Provinsi Kepulauan Riau ini bisa dijadikan rekomendasi bagi wisatawan yang ingin berlibur bersama keluarga ataupun juga sahabat lainnya. Hal ini karena kesempatan yang mungkin tak ditemukan di pulau atau destinasi wisata lainnya. Pulau ini terletak di ujung kota Batam. Lokasinya terletak diantara dua pulau sehingga air laut di pulau ini menjadi tenang dengan ombak yang tidak terlalu besar. Pulau Ranoh masih satu wilayah dengan Pulau Abang Besar dan Pulau Abang Kecil. Pulau Ranoh merupakan pulau yang berada di gugusan Pulau Abang, Batam. Luas area pulau ini mencapai 536.125 meter persegi atau setara dengan 53,6 hektare.

Baca juga: Tempat Wisata dan Liburan Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur

Baca juga: Wisata Adrenalin, Menikmati Wahana Arung Jeram Sungai Elo Magelang

Sementara itu keliling pulau mencapai 3,24 kilometer dengan pengukuran menggunakan google maps mencakup sisi pesisir pantai.Maka, jika pesisir Pulau Ranoh dikelilingi dengan berjalan kaki, tak akan lebih dari 15 menit sudah bisa diselesaikan. Namun karena sisi satunya merupakan vegetasi pohon bakau yang rapat, pulau ini belum dapat dikelilingi via daratan. Tak kurang dari 1 hektare lahan pantai yang berpasirputih, disulap menjadi lahan yang dilengkapi berbagai fasilitas bermain dan bersenang-senang ala resor. Pulau Ranoh sangat cocok dijadikan tempat liburan tropis utama di Provinsi Kepri terkhusus lagi di Batam. Tempat rekreasi dan relaksasi yang sangat cocok bagi mereka yang menginginkan ketenangan berlibur. Jauh dari hiruk-pikuk kota dan segala polusi yang ada di dalamnya.

Fasilitas pendukung untuk liburan di Pulau Ranoh tergolong sangat lengkap. Fasilitas pendukung yang dapat dinikmati oleh para pengunjung di Pulau Ranoh terdapat beberapa jenis. Ada yang bersifat permainan dan ada yang bersifat olahraga air yang menantang. Berikut beberapa permainan yang bisa dinikmati oleh para pengunjung seperti, panahan, catur, catur Tiongkok, Mahjong, Darting (tolak peluru), dan Frisbees (mainan berbentuk cakram yang dilempar ke atas udara). Lalu, Voli pantai, sepakbola, ayunan, berkemah, payung pantai dengan bangku-bangku untuk bersantai, lazy bag.

Baca juga: Mitos Hantu Penunggu Hutan Jati

Baca juga: Kisah Situ Patenggang Dibalik Keindahannya

Sedangkan fasilitas water sport atau olahraga air yang dapat dinikmati oleh para wisatawan Pulau Ranoh seperti, single canoe, double canoe, waterpark, Snorkeling, Trendy floating, inflatable island, dan jetski.

Untuk transportasi, pengelola menyediakan transportasi yang dapat mengantar dan menjemput tamu secara khusus. Sebelum itu, para tour travel dan agen perjalanan biasa menyediakan layanan perjalanan darat dari Batam hingga pelabuhan penyebrangan menuju Pulau Ranoh di Pulau Galang Baru. Terdapat beberapa pelabuhan yang dapat digunakan untuk menyeberang ke Pulau Ranoh, namun biasanya penjemputan resmi dari pihak pengelola dilakukan dari Pelabuhan PT Pari. Sementara itu, masyarakat yang menaiki kapal atau pompong umum, dapat juga datang melalui Pelabuhan Hasyim ataupun pelabuhan lainnya. - db





Editor: Bowo
    Bagikan  

Berita Terkait