Surga Alam Bawah Laut Wakatobi Sulawesi

Wisata —Kamis, 16 Sep 2021 11:34
    Bagikan  
Surga Alam Bawah Laut Wakatobi Sulawesi
Surga Alam Bawah Laut Wakatobi Sulawesi - Pinterest

DEPOSTBATAM

Kawasan Wakatobi sulawesi memiliki empat pulau utama, yakni Wangiwangi, Kalidupa, Tomia, dan Binongko. Bila dilihat secara lebih jelas, nama Wakatobi sendiri merupakan singkatan dari keempat pulau tersebut.

Selain empat pulau utama tersebut, Wakatobi juga memiliki pulau lain yang tidak kalah indah. Wisatawan dapat mengunjungi Pulau Hoga, Kapota, Anano, maupun Rundumana. Dengan luas sekitar 1,39 juta hektar, Wakatobi ditetapkan sebagai taman nasional pada tahun 1996 oleh UNESCO

Surga Alam Bawah Laut yang Indah

Belum banyak yang tahu, Wakatobi dianugerahi alam bawah laut yang indah. Salah satu spot terbaiknya adalah Collosseum. Diving spot bernama Collosseum ini berada di Wangi-wangi, Kota Wanci. Kamu yang akan diving di sini dijamin akan terpesona dengan keindahan karangnya.


Baca juga: Aksi Anti Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak di Jawa Tengah

Baca juga: Beberapa Sajian Menarik Dari Buah Pisang Yang Bisa Kita Coba !



Jenis karang yang ada di Collosseum adalah atol atau berbentuk cincin. Karang ini akan berbentuk seperti tebing melingkar mengelilingi pulau Wangi-wangi. Ikan-ikan pun terlihat seperti menari di atas karang yang   penyelam takjub.

Wisata selam di Wakatobi, Sulawesi Tenggara ini sudah dibuka lagi sejak Juli 2020. Namun wisatawan diminta untuk mematuhi sepuluh poin penting seputar protokol kesehatan selama berwisata di sana, hal itu dilakukan agar pengelola dan wisatawan sama-sama merasa nyaman.

Hutan Bakau

Taman Laut Wakatobi memiliki kawasan hutan bakau yang sangat luas dan cukup rimbun. Salah satunya hutan mangrove di Pulau Kaledupa yang juga merupakan habitat 33 spesies burung. Total luas kawasannya mencapai 37,5 hektare dengan sembilan jenis bakau.


Banyak Spesies Coral

Keindahan coral Pulau Bali terindah pada nusantara Indonesia ini, yang dapat anda jumpai dalam watersport bali nusa dua saja. Namun Wakatobi dikenal hingga mancanegara oleh karena keindahan bawah lautnya yang mempesona. Wakatobi mulai terkenal setelah Ekspedisi Wallacea pada 1995 yang menyebutkan bahwa kawasan ini kaya akan spesies koral.


Bayangkan saja, dari total 850 spesies koral di dunia, 750 di antaranya berada di Wakatobi. Tentu ini merupakan temuan yang mengagumkan dan membuat Wakatobi lekas meluas kepopulerannya.

Sekalipun terkenal dengan wisata bawah lautnya, Wakatobi sulawesi tenggara masih menyimpan beragam wisata lain yang sayang untuk dilewatkan.


Salah satu yang dapat menjadi alternatif ialah Pantai Hoga. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih dan pohon kelapa yang berjajar sehingga tampak cantik. Selain menawarkan keindahan alamnya, di kawasan ini juga terdapat laboratorium bawah laut yang dapat dikunjungi wisatawan.

Selain perairan, wisatawan juga disarankan untuk menikmati kuliner di Wakatobi. Salah satu yang wajib dicicipi ialah kasuami yang menggoda selera. Kuliner ini dibuat dari singkong parut yang dibentuk padat, kemudian dikukus. Hidangan kasuami ini disajikan dalam keadaan masih panas, berdampingan dengan sup ikan parende yang merupakan kuliner khas Wakatobi.


Lokasi wakatobi dan Tiket


Baca juga: Makanan Nikmat Khas Kota Kembang

Baca juga: Pelaku Usaha di Pangandaran Berharap Agar Ekonomi Segera Stabil Setelah Objek Wisata di Buka


Nah untuk mengunjungi tempat wisata ini, kamu bisa terbang menuju Bau-Bau dari Jakarta, Bali atau Surabaya. Dari Bau-Bau, kamu harus menggunakan boat untuk menuju Wakatobi. Wakatobi Dive Resort mengoperasikan penerbangan carter sehingga mereka dapat menerbangkan penumpang dari Bali dan dapat

Untuk bisa menikmati semua keindahan taman nasional wakatobi kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp 160.000,- saja.

Sumber : postpangandaran.com


Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait