Tips Belajar Bahasa Korea untuk Pemula

Pendidikan —Jumat, 19 Nov 2021 10:06
    Bagikan  
Tips Belajar Bahasa Korea untuk Pemula
image/pinterest

DEPOSTBATAM

Belajar bahasa asing memang tidak pernah mudah karena kita mempelajari bahasa yang mungkin belum pernah kita dengar selama hidup. Beberapa negara juga menggunakan aksara yang berbeda, tidak menggunakan alfabet yang biasanya kita gunakan. Termasuk di negara gingseng ini.

Untuk kalian yang ingin mencoba belajar bahasa Korea, berikut adalah beberapa tips yang bisa dipraktikkan untuk belajar bahasa Korea.

  1. Belajar membaca dan menulis

Di negara gingseng ini, penulisan tidak menggunakan aksara alfabet yang bisa kita gunakan, melainkan menggunakan 한글 (han-geul). Maka dari itu kita harus belajar terlebih dahulu cara membaca hangeul dan bagaimana cara menulisnya. Lakukan itu berulang.

  1. Latihan membaca

Latihan membaca yang dimaksud adalah coba lah baca beberapa kata atau kalimat yang menggunakan hangeul. Jika kamu senang mendengarkan musik, coba untuk bernyanyi sambil membaca liriknya. Itu salah satu cara yang sangat efektif dalam belajar membaca hangeul.

Contoh :

Kamu berasal dari mana?

Formal : 어디서 왔습니까? (eo-di-seo wass-eum-ni-ka?)

Atau

Non-formal :어디서 왔어요? (eo-di-seo wass-eo-yo?)

  1. Hafal perkataan yang kerap digunakan

Hafal dengan perkataan yang kerap digunakan maskudnya adalah kita harus tau apa arti dari kalimat atau kata yang kita ucapkan.

Baca juga: Berkunjung ke Wisata Taman Garuda Wisnu Kencana

Baca juga: Museum Sri Baduga Bandung, Destinasi Wisata yang Penuh dengan Edukasi  

  1. Belajar membuat ayat

Jika kita sudah bisa membaca, menulis dan mengerti dengan apa yang kita ucapkan, cobalah untuk membuat ayat atau kalimat dari kosa kata yang sudah kamu pelajari. Dengan mencoba membuat kalimat sendiri, kalimat itu akan mudah untuk dihafal karea ada usaha berulang di dalamnya.

  1. Latihan berulang kali

Seperti yang sudah dijelaskan dalam beberapa tips sebelumnya, kita harus menghaal, membaca dan menulis berulang kali. Tujuannya adalah agar kita ingat dengan apa yang sudah kita pelajari. Mempeajari bahasa biasanya sangat mudah untuk dilupakan jika tidak dipraktikkan lagi.

  1. Berkomunikasi dan bertanya

Tips yang terakhir adalah jangan lupa untuk berkomunikasi dan bertanya. Jika kamu mengikuti kelas pembelajaran bahasa Korea, jangan takut untuk bertanya kepada guru tentang apa yang tidak kamu ngengerti. Tapi jika kamu belajar bahasa Korea secara otodidak, kamu bisa coba bertanya kepada temanmu yang juga sama-sama belajar bahasa Korea.

Berkomunikasi tidak kalah penting. Kita mempelajari sebuah bahasa tentu untuk sebuah komunikasi yang baik. Begitu pula dengan mempelajari bahasa Korea. Cobalah untuk mencari teman yang mengerti atau sama-sama sedang mempelajari bahasa Korea untuk saling berkomunikasi menggunakan kalimat sehari-hari.

Nah itu tadi beberapa tips yang bisa kalian gunakan untuk mempelajari bahasa Korea. Semoga bermanfaat!/Reg.

Baca juga: Cara Menghafal Vocab bagi Pemula

Baca juga: Kue Bilis Gulung Khas Batam

 


Editor: Regina
    Bagikan  

Berita Terkait