Seni dan Budaya Asal Batam

Pendidikan —Selasa, 9 Nov 2021 19:53
    Bagikan  
Seni dan Budaya Asal Batam
Batam./pinterest

DEPOS BATAM


Batam yaitu pulau yang merupakan kota terbesar di provinsi kepulauan Riau ini sering kali terkenal sebagai kawasan transit perdagangan atau komoditas, di karenakan lokasinya sangat strategis. Banyak orang yang mengetahui batam sebagai destinasi untuk di singgahi jika Anda akan pergi ke singapura, termasuk berlibur.


Buat yang ingin berlibur ke batam, Anda sebaiknya tahu dulu berbagai seni dan budaya batam yang menarik.


Dibawah ini beberapa Seni dan Budaya di Batam :


Baca juga: Kesehatan Mental Harus Benar-Benar Diperhatikan, Kenali Beberapa Gangguan Mental yang Harus Diperhatikan

Baca juga: Fakta Atau Mitos Segitiga Bermuda Dengan Ke Angkeranya


Rumah Adat


Rumah adat di batam yang terkenal yaitu Rumah Limas Potong, rumah panggung tradisional ini memiliki bentuk khas, jarak rumah dengan permukaan tanah sekitar 1,5 meter. Atapnya menyerupai bentuk limas yang di potong. 5 bagian di dalam rumah ini yaitu, ruang depan, ruang tengah, ruang belakang untuk kamar tidur, dapur, dan teras.


Tarian Asal Batam


1. Tari Melemang
Pada zaman dulu tari Melemang hanya bisa dipentaskan oleh kalangan keluarga kerajaan bentan dan hanya bisa ditampilkan oleh para dayang. style="vertical-align: inheritance;"> Dan pada saat kerajaan bentan runtuh tarian melemang pun berubah menjadi pertunjukan seni untuk masyarakat.


2. Tari Zapin
Tari zapin memiliki beberapa jenis yaitu, zapin bengkalis, zapin penyengat, zapin tembong, zapin silang berempat. Dan beberapa jenis tari zapin tersebut pun memiliki makna yang berbeda beda.


Pakaian Adat Khas Batam


Pakaian khas batam menyerupai pakaian adat kepulauan riau. Untuk laki-laki memakai baju melayu yang di sebut Teluk belanga, yaitu terdiri dari kain sampan, celana, dan penutup kepala yang di sebutnya sangkok. Dan untuk wanita memakai baju kurung, slendang, dan kain. Slendang di pakainya di sampirkan di bahu.


Baca juga: Menikmati Keindahan Alam Dari Pulau Samosir

Baca juga: 5 Fakta dan Mitos Tentang Kesehatan


style="vertical-align: mewarisi;"> Lagu Daerah Khas Batam


- Zapin melayu laksamana raja di laut
- Batam pekan
-Hang nadim pulau batam


Senjata Tradisional Batam


Badik tumbuk lada yaitu sejenis Keris dengan bilah yang menyerupai bedik yang berasal dari Sulawesi. Ada benjolan bundar dengan ukiran tumbuhan yang menghias bagian pangkal sarung badik tradisional. Fungsi dari senjata yang tergolong pendek, yaitu untuk mengiris dan menikam, untuk pertarungan hanya bisa untuk pendek./AS


Baca juga: Destinasi Wisata Dusun Bambu Bandung

Baca juga: Sejuknya Taman Narmada Enak Untuk Dipandang


Editor: Amelia
    Bagikan  

Berita Terkait