Resep Russian Honey Cake: Kenikmatan Dalam Setiap Lapisan

Kuliner —Rabu, 3 Nov 2021 10:49
    Bagikan  
Resep Russian Honey Cake: Kenikmatan Dalam Setiap Lapisan
Resep Russian Honey Cake: Kenikmatan Dalam Setiap Lapisan/pinterest

DEPOST BATAM

Russian Honey Cake atau Medovik adalah kue khas Rusia yang berbahan dasar madu. Meski namanya "cake", setiap lapisan dari kue ini lebih mengarah ke cookies. Adonan digiling tipis-tipis, lalu dipanggang satu per satu dan nantinya akan dilapisi oleh sour cream atau dulce de leche/susu kental manis.

Sedikit kepahitan yang kita dapatkan dari madu yang dibakar benar-benar rahasia di sini, dan frosting krim kocok yang sedikit tajam memberikan sedikit keasaman dan tekstur ringan yang indah dan tidak seperti frosting lainnya, itu tidak terlalu manis.

Resep Russian Honey Cake

Bahan-bahan:

Untuk Madu yang Terbakar:

  • 3/4 cangkir madu bunga liar
  • 3 sendok makan air dingin

Untuk Lapisan Kue:

  • 14 sendok makan mentega tawar, potong-potong
  • 1 cangkir gula putih
  • 3/4 cangkir madu bunga liar
  • 6 telur dingin besar
  • 2 ½ sendok teh soda kue
  • 3/4 sendok teh garam halus
  • 1 sendok teh kayu manis bubuk
  • 3 ¾ cangkir tepung serbaguna

Untuk Pembekuan:

CARA MEMBUAT

  1. Tuang madu ke dalam panci yang dalam di atas api sedang. Rebus sampai warna lebih gelap dan aromanya seperti karamel, sekitar 10 menit. Matikan api dan aduk dalam air dingin.
  2. Panaskan oven hingga 375 derajat F (190 derajat C). Lapisi loyang dengan alas silikon (seperti Silpat®). Tempatkan mangkuk pencampur dan pengocok di lemari es.
  3. Tempatkan mangkuk logam besar di atas pengaturan panas terendah di atas kompor. Tambahkan mentega, gula, 1/4 cangkir madu yang dibakar, dan madu bunga liar biasa. Diamkan sampai mentega meleleh, 5 hingga 7 menit.
  4. Sementara itu, campurkan soda kue, garam, dan kayu manis dalam mangkuk kecil.
  5. Kocok campuran mentega dan diamkan sampai sangat hangat saat disentuh. Kocok telur. Jauhkan campuran di atas api kecil sampai menjadi sangat hangat lagi; kocok dalam campuran soda kue. Hapus dari panas. Ayak tepung dalam 2 atau 3 tambahan, aduk rata setelah masing-masing, sampai adonan mudah dioleskan.
  6. Pindahkan sekitar 1/2 cangkir adonan ke atas loyang yang sudah disiapkan. Sebarkan ke dalam lingkaran 8 atau 9 inci menggunakan spatula offset. Kocok dan ketuk panci untuk menghilangkan gelembung udara.
  7. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya sampai berwarna kecokelatan, 6 hingga 7 menit. Hapus liner dari panci dan biarkan lapisan kue terus mendingin sampai cukup kuat untuk dikeluarkan, 6 hingga 7 menit. Balikkan kue di atas kertas roti bundar.
  8. Ulangi sampai Anda memiliki total 8 lapisan kue, biarkan masing-masing menjadi dingin pada satu putaran perkamen. Pangkas tepinya menggunakan roda pizza untuk memastikan ukurannya sama; simpan sisa untuk campuran remah.
  9. Oleskan sisa adonan ke atas loyang yang sudah dialasi kertas roti. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan sampai pinggirannya kering, sekitar 10 menit. Keluarkan dari oven dan potong kecil-kecil; aduk dengan sisa kue yang sudah dipesan.
  10. Kembali ke oven dan lanjutkan memanggang sampai kecoklatan, 7 sampai 10 menit lagi. Biarkan dingin sepenuhnya, 15 hingga 20 menit. Pindahkan ke kantong yang bisa ditutup kembali dan kocok menjadi remah-remah yang cukup halus menggunakan rolling pin. Menyisihkan.
  11. Keluarkan mangkuk dan kocok dari kulkas. Tuang krim kental. Kocok hingga soft peak terbentuk. Tambahkan sisa madu dan krim asam yang dibakar; terus mengaduk sampai bentuk puncak kaku.
  12. Tempatkan lapisan kue di atas kertas roti bundar di atas loyang pizza atau piring saji. Sebarkan secangkir frosting secara merata di atasnya, hampir ke tepi. Ulangi dengan lapisan kue dan frosting, tekan lapisan dengan sisi halus ke bawah. Tempatkan lapisan kue terakhir dengan sisi halus menghadap ke atas. Bekukan bagian atas dan samping kue. Tutup dengan remah-remah; bersihkan sisa remah di sekitar alas.
  13. Tutup dengan bungkus plastik dan dinginkan minimal 8 jam, hingga semalaman. Pindahkan ke tempat kue menggunakan 2 spatula. Potong dan sajikan.

Semua jenis madu akan bekerja untuk ini. Anda juga dapat memanggang beberapa lapis kue sekaligus, tergantung pada berapa banyak lapisan silikon dan loyang yang Anda miliki. Anda dapat menggunakan mixer listrik untuk frosting, jika Anda mau. -23

Baca juga: Mitos Ciri-ciri Rumah Kalian di Huni Oleh Makhluk Gaib

Baca juga: Wisata Batam : Pantai Tanjung Pinggir


Editor: Zaen
    Bagikan  

Berita Terkait