Info Kesehatan, Kamu Wajib Tahu Sayuran yang Mengandung Cacing Pita

Kesehatan —Kamis, 25 Nov 2021 15:44
    Bagikan  
Info Kesehatan, Kamu Wajib Tahu Sayuran yang Mengandung Cacing Pita
image/pinterest

DEPOSTBATAM

Sebuah hewan yang dikenal karena suit untuk dibuat mati yaitu cacing pita. Tidak hanya hidup didaging atau tanah, cacing ini juga bisa hidup di sayuran yang biasa kamu konsumsi. Kamu wajib tahu sayuran yang Mengandung Cacing Pita.

Penelitian yang dilakukan oleh Times of India menyatakan bahwa sayuran yang dikonsumsi mentah berpotensi mengandung cacing pita di dalamnya, hampir semua sayuran memiliki cacing yang menempel padanya, namun Kubis dan Kol serta kembang kol adalah sayur-sayur yang menyimpan cacing pita paling jahat.
Mereka hidup diantara lapisan kubis maupun kol, ukurannya yang amat kecil juga menyulitkan manusia melihatnya dengan mata telanjang dan celakanya, cacing pita hampir selalu mampu bertahan pada suhu tinggi itu artinya mereka tidak akan mati saat dimasak begitu pula dengan daya tahan telurnya

Mengerikannya, apabila kamu memakan sayuran yang terinfeksi cacing pita tersebut, mereka tidak akan mampu dicerna oleh tubuhmu karena cacing-cacing itu menempel pada dinding usus.

Baca juga: Resep Bingka Bakar Oleh-oleh Khas Batam

Baca juga: 6 Fakta Psikologi yang Mungkin Belum Kamu Ketahui


Hal paling mengerikan darinya yakni, kemampuan mereka untuk menumpang mengikuti aliran darah hingga mencapai otakmu, sejauh ini cacing pita berbentuk spora yang bisa melakukan hal tersebut terdapat pada daging babi dan dikenal dengan nama Taeni Solium namun tidak menutup kemungkinan jika beberapa bisa saja menempel pada sayuran.

Ketika masuk ke dalam otak, larva akan mulai mengiritasi banyak organ di sekitarnya. Dampak cacing pita masuk ke otak beragam, mulai dari sakit kepala, kelumpuhan, hingga kejang. Pada tahap awal biasanya akan menimbulkan sakit kepala cukup parah hingga epilepsi.
Cacing pita ini sangat sulit dibersihkan dari jenis sayuran tersebut. Meskipun sayuran sudah dimasak, cacing tidak bisa lepas begitu saja di dalam air mendidih. Satu-satunya cara menghilangkan cacing, yakni dengan menambahkan Potassium Permanangate atau kalium permanganat./Reg.

dilansir dari depostbali.com

Baca juga: Serial Netflix Indonesia Geez & Ann, Kisah Memperjuangkan Cinta Mereka

Baca juga: Ini Penyebab Sakit di lambung dan Cara Mengobatinya, Jangan Sepelekan!


Editor: Regina
    Bagikan  

Berita Terkait