6 Fakta Psikologi yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Kesehatan —Kamis, 25 Nov 2021 10:28
    Bagikan  
6 Fakta Psikologi yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
image/pinterest

DEPOSTBATAM

Beberapa orang tidak terlalu mengerti dan paham tentang sesuatu yang mungkin saja terjadi disekitarnya. Beberapa juga secara tidak sadar melakukan hal-hal yang diluar kendalinya. Kita bisa saja menebak-nebak apa yang ada dalam pikiran seseorang atau apa yang dirasakan seseorang. Berikut adalah beberapa fakta psikologi yang mungkin belum kamu ketahui!

  1. Ketika ditawari untuk menulis dengan sebuah pulpen baru, 97% orang akan menulis namanya sendiri.

Coba ingat, apa yang akan kamu tulis jika diberikan pulpen baru? Menurut psikologi, sebanyak 97% orang akan menulis namanya sendiri ketimbang hanya mencoret asal disebuah kertas. Ini terjadi karena pikiran kita hanya tertuju pada nama kita yang sudah melekat sejak kita lahir.

  1. Jika seseorang menertawakan lelucon yang sangat tidak lucu, dia sendirian di dalam hatinya.

Kamu pernah melihat seseorang yang menertawakan sebuah lelucon yang bahkan tidak lucu dan menarik? Menurut psikologi, seseorang yang tertawa karena mendengar atau melihat lelucon yang bahkan tidak lucu sama sekali, adalah orang yang sedang merasa kesepian dalam hatinya. Menertawakan lelucon itu adalah sebuah distraksi dari rasa kesepian itu.

  1. Menyembunyikan ibu jari di balik semua jarinya adalah tanda gugup. Ini menunjukkan bahwa orang tersebut tetap tidak ingin diperhatikan dalam kelompok.

Tidak semua orang ingin dan berani menjadi pusat perhatian. Beberapa orang bahkan merasa gugup dan takut jika diperhatikan dalam sebuah grup atau sebuah percakapan kelompok. Menurut psikologi, jika seseorang sedang gugup dan tidak ingin diperhatikan, maka ia akan menyembunyikan ibu jarinya dibalik semua jarinya.

Baca juga: Serial Netflix Indonesia Geez & Ann, Kisah Memperjuangkan Cinta Mereka

Baca juga: Ini Penyebab Sakit di lambung dan Cara Mengobatinya, Jangan Sepelekan!

  1. Kesan pertama selalu dibuat dalam 7 detik pertama.

Banyak orang sering bertanya “apa kesan pertamamu saat melihatku?” dan mereka berpikir jawaban yang akan di dapat adalah kesan pertama saat pertemuan pertama, faktanya adalah kesan pertama yang akan melekat di ingatan seseorang adalah saat pertama kali melihatmu dalam 7 detik pertama. Jadi, jangan sia-siakan 7 detik pertama mu!

  1. Reaksi kita terhadap sebuah situasi secara harfiah memiliki kekuatan untuk mengubah situasi tersebut.

Kita biasanya memberikan sebuah reaksi terhadap kejadian atau ucapan seseorang. Reaksi yang kita berikan biasa saja langsung mengubah suasana yang sedang terjadi secara tiba-tiba. Misalnya kita sedang berbagi cerita, dia mencerikana dengan senang, tapi kemudian reaksi yang kita berikan tidak baik. Suasana yang tercipta atas reaksi yang kita berikan bisa saja menjadi buruk saat itu juga.

  1. Berpura-pura tidak peduli adalah kebiasaan seseorang yang paling peduli.

Tidak semua orang dapat mengekspresikan perasaan mereka dengan baik. Beberapa orang bahkan tidak mengerti cara mengekspresikan perasaanya. Itulah mengapa banyak orang yang terlihat tidak peduli, padahal ia begitu peduli, namun cara ia menyampaikan rasa pedulinya berbeda dari orang lain.

Bagaimana? Apakah kalian mulai memahami perilaku seseorang dari fakta-fakta di atas? Semoga bermanfaat!/Reg.

Baca juga: Cara Kerja Kafein dan Manfaatnya

Baca juga: Festival Musim Panas Tenjin Matsuri


Editor: Regina
    Bagikan  

Berita Terkait