5 Hal yang Terjadi Jika Meminum Cukup Air

Kesehatan —Sabtu, 6 Nov 2021 13:17
    Bagikan  
5 Hal yang Terjadi Jika Meminum Cukup Air
Ilustrasi meminum air putih/pinterest

Tubuh kita memerlukan air, jika kita kekurangan asupan air maka tubuh kita akan mengalami dehidrasi. Dengan meminum cukup air akan memperbaiki sistem pencernaan juga mencegah berbagai macam penyakit.

60% dari tubuh kita terdiri dari air yang terus dikeluarkan melalui urin dan keringat. Kebutuhan air untuk wanita dan pria juga berbeda. Untuk wanita setidaknya dibutuhnya 2,7 liter air per hari, sedangkan untuk pria dibutuhkan 3,5 liter air per harinya.

Maka dari itu sebaiknya kita berusaha untuk meminum air dengan cukup sesuai dengan kebutuhan. Ini dia beberapa dampak yang terjadi pada tubuh kita jika kita meminum cukup air.

  1. Mencegah terjadinya nyeri sendi

Tulang rawan di tubuh kita terdiri dari 80% air. Jika kita tidak meminum air dengan cukup, maka kita akan rentan nyeri sendiri.Berbeda jika kita meminum air dengan cukup, tulang rawan menjadi sehat dan dapat menyerap goncangan sendiri jika digerakan sehingga kita tidak merasakan nyeri sendi.

  1. Mencegah infeksi saluran kemih dan batu ginjal

Air putih sangat baik untuk ginjal. Air dapat membantu ginjal bekerja dengan baik. Dengan mengonsumsi air yang cukup, dapat membuat urin yan melewati ginjal bercampur dengan air yang banyak sehingga kecil kemungkinan untuk menggumpal dan meyebabkan bau ginjal.

Baca juga: Keindahan Pasir Putih, Pantai Elyora Batam

Baca juga: How to Make Dalgona Candy, Korean Traditional Candy

  1. Meningkatkan suasana hati dan konsentrasi

Kekurangan cairan dapat berdampak buruk bagi otak. Dengan kurangnya cairan yang masuk ke dalam tubuh, kurang pula oksigen yang masuk ke otak. Karena air akan membawa oksigen ke otak. Akibatnya kita jadi sulit untuk berkonsentrasi. Suasana hati pun jadi memburuk jika karena kita kekurangan cairan.

Maka dari itu kita harus cukup meminum air putih sehingga oksigen bisa masuk ke otak dalam jumlah yang cukup dan membuat kita mampu berkonsentrasi lebih lama. Dengan begitu suasana hati juga dapat dikendalikan.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Meminum air putih dalam jumlah yang cukup dapat membantu kerja jantung. Jika kita mengalami dehidrasi ringan, maka darah yang mengalir ke jantung lambat sehingga membuat kerja jantung lebih berat. Jika meminum air putih dalam jumlah yang cukup maka darah yang mengalir ke jantung akan lebih banyak sehingga kerja jantung terbantu dan menjadi ringan.

  1. Mencegah terjadinya sembelit

Kekurangan minum air putih dapat meingkatkan terjadinya sembelit karena sistem pencernaan yang terganggu. Air putih megandung mineral dan magnesium, sehingga jika kita meminum air putih dengan jumlah yang cukup akan memperlancar sistem pencernaan dan juga frekuensi buang air besar./Reg.

Baca juga: Lakukan Hal Berikut ini, Untuk Hilangkan wajah Kusam dan Tampil Cerah Bersinar!

Baca juga: 6 Penyebab Mudah Marah dan Solusinya


Editor: Regina
    Bagikan  

Berita Terkait