Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat

Kesehatan —Selasa, 2 Nov 2021 14:53
    Bagikan  
Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat
Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat/pinterest

Banyak orang belum tahu bagaimana cara merawat rambutnya dengan benar agar tetap sehat dan berkilau. Agar rambut tetap sehat, berikut adalah beberap untuk merawat rambut Anda.

  1. Perhatikan Intensitas Keramas

Banyak orang yang tida memperhatikan intensitas keramas. Berapa kali keramas dalam satu minggu. Padahal itu penting untuk menjaga kebrsihan dan kesehatan rambut.

Untuk rambut yang kering atau keriting, keramas cukup 2 kali dalam seminggu karena jika lebih dari itu akan membuat rambut semakin kering. Dengan jenis rambut ini, minyak di akan sulit melewati rambut sehingga rambut lebih kering.

Untuk jenis rambut yang berminyak usahakan rutin untuk keramas 3 kali dalam seminggu. Minyak yang menumpuk pada rambut harus dibersihkan agar tetap lembab namun tidak terlalu berminyak dan lepek.

  1. Menggunakan Shampoo dan Conditioner

Menggunakan shampoo sesuai dengan kebututhan merupakan hal yang sangat penting. Pasalnya shampoo dibuat untuk membersihkan kotoran yang ada dirambut dan memperkuat rambut. Kini shampoo dibuat banyak jenis dengan berbagai kebutuhan. Anda dapat memakai shampoo yang sesuai dengan keadaan rambut Anda.

Conditioner juga tak kalah penting. Jika shampoo bertugas untuk membersihkan kotoran dan memperkuat rambut, conditioner dibuat untuk memperkuat dan melindungi rambut. Conditioner terdiri dari silicon dan pelembab yang bernama emolien. Silicon dan emolien ini berfungsi untuk melapisi rambut dan melindungi rambut dari kotoran yang dapat merusak rambut.

Baca juga: Resep Chocolate Lava Cake yang Lumer di Mulut

Baca juga: Wisata Batam : Pantai Tanjung Pinggir

  1. Rutin Potong Ujung Rambut

Ujung rambut sangat rentan bercabang sehingga Anda harus rutin memotong ujung rambut agar cabang dari ujung rambut tidak semakin meluas. Disarankan memotong ujung rambut rutin setiap 10-12 minggu sekali.

Jika Anda sering menggunakan catokan, sebaiknya memotong ujung rambut dilakukan rutin 6-8 minguu sekali. Jika tidak bisa memotong ujung rambut sendiri, Anda bisa memotongnya rutin ke salon.

  1. Memilih Sisir Rambut yang Cocok

Bentuk sisir yang beragam bukan tanpa tujuan. Pasalnya bentuk sisir memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Sisir juga dapat menyebabkan masalah ada kulit kepala jika salah memilih sisir yang cocok.

  1. Melindungi Rambut Dari Sinar Matahari

Selain berdampak pada kulit, sinar matahari juga memiliki dampak yang buruk bagi rambut jika terpapar berlebihan. Sinar matahari dapat mengurangi kelembapan rambut dan membuat rambut menjadi lebih kering. Untuk itu Anda harus melindungi rambut dengan cara menggunak spray pelindung rambut, memakai topi atau penjepit rambut, memakai payung jika keluar dan melindungi rambut saat berenang agar terlindung dari dampak klorin. Disarankan untuk tidak menggunakan pengering rambut karena akan menambah dampak buruk bagi rambut.

  1. Pakai Maker Rambut

Menggunakan masker rambut sesuai dengan kebutuhan juga sangat membantu menjaga kesehatan rambut. Masker rambut ini sangat efektif terutama bagi rambut yang panjang.

Berbagai kandungan yang ada di dalam masker rambt sangat berdampak pada kesehatan rambut.

Itulah tadi beberapa cara menjaga kesehatan rambut. Semoga bermanfaat!/Reg.

Baca juga: Tips Atasi Stress dengan Olahraga Ringan Berikut Ini

Baca juga: Manfaat Berjemur pada Pagi Hari


Editor: Regina
    Bagikan  

Berita Terkait