Mitos Tentang Legenda Hantu Songko

Horror —Jumat, 19 Nov 2021 16:13
    Bagikan  
Mitos Tentang Legenda Hantu Songko
image/pinterest

DEPOSTBATAM

Indonesia adalah negara yang kaya. Kaya akan kekayaan alam, kaya akan budaya, kaya akan sejarah, bahkan kaya akan urband legendnya. Rasanya, setiap wilayah di Indonesia pasti memiliki urband legendnya masing-masing.

 

Tak terkecuali Ibu Kota Sulawesi Utara, Manado. Di Manado ada sesosok yang terkenal yang mereka sebut Songko. Songko ini dikenal sebagai hantu yang berjubah hitam.

Tapi, songko ini bukanlah berasal dari arwah dari dunia lain. Songko adalah jelmaan sesosok manusia yang menyeramkan. Masyarakat Manado percaya bahwa Hantu Songko adalah wujud hantu yang menginginkan kehidupan abadi.

Banyak juga yang menyebutkan bahwa Hantu Songko adalah jelmaan dari manusia yang mengharapkan kecantikan atau ketampanan yang abadi hingga meminta untuk terus awet muda. Namun, banyak juga yang mempercayai bahwa Hantu Songko adalah hantu yang berasal dari arwah penasaran yang memiliki dendam yang tak terbalaskan.

 

Konon, Hantu Songko berasal dari daerah Sangihe dan pelosok-pelosok terpencil di Manado. Manusia yang menjelma menjadi Hantu Songko ini merupakan manusia yang menuntut dan memiliki ilmu hitam.

Baca juga: Resep Membuat Cemilan yang Sangat Enak Nougat Marshmallow

Baca juga: Cara Membuat Seblak Khas Bandung

Menurut mitos yang beredar, jika Hantu Songko ini berhasil ditangkan dan dubunuh, maka kekuatan ghaib dari tubuhnya juga akan menghilang. Bahkan wujud asli dari hantu songko ini pun akan tampak. Dari cerita, kebanyakan umur asli mereke setelah tertangkap ini sudah tua.

 

Dipercaya, kemunculan Hantu Songko ini biasanya saat sore hari menjelang maghrib. Biasanya, pada sore hari anak-anak tidak akan diperbolehkan main. Sosoknya yang menggunakan Jubah hitam membuat wajah dan rupa dari Hantu Songko tidak terlihat jelas.

Banyak juga yang menyebutkan bahwa hantu songko ini biasa muncuk di malam ketiga setelah bulan purnama atau ketika bulan sabit akan berpindah ke barat. Meskipun Hantu Songko dipercaya sebagai manusia yang menjelma. Namun, Hantu ini juga biasa menampakan diri dengan cara terbang.

 

Katanya, Hantu Songko bias terbang di langit layaknya burung. Hantu Songko ini disebut memaatikan karena konon katanya hantu ini bias mengambi, tubuh siapa saja yang akan ia jadikan mangsa. Bunyi hantu songko sendiri adalah “kkkooooohhhhh, kokkkhhhhh, koookhhhh”

Hampir mirip dengan kuntilanak, saat suara hantu songko pelan, kemungkinan dia sedang berada di sekitar kita. Sebaliknya, jika suaranya keras, menandakan bahwa keberadaannya jauh dengan kita. (zz)

 

dilansir dari : inihoror.com

Baca juga: Tips Belajar Bahasa Korea untuk Pemula

Baca juga: Berkunjung ke Wisata Taman Garuda Wisnu Kencana


Editor: Regina
    Bagikan  

Berita Terkait